Senin, 22 Oktober 2012

Pemilik Sebenarnya


Ramakrishna, seorang mistik India biasa berkata :

Tuhan tertawa dalam dua kesempatan. Ia tertawa kalau mendengar seorang dokter berkata kepada seorang ibu, “Jangan takut. Anak itu akan saya sembuhkan.” Tuhan berkata pada dirinya sendiri, “Saya berencana mengambil hidup anak ini, tetapi orang ini berpikr ia dapat menyelamatkannya!”

Ia juga tertawa kalau Ia melihat dua orang bersaudara membagikan tanah mereka, menandainya dengan garis dan berkata, “Sisi ini adalah milikku dan sisa lain adalah milikmu.” Ia berkata kepada dirinya sendiri, “Jagat ini adalah milik saya dan mereka merasa berhak menjadi pemilik atas bagian-bagiannya!”

Ketika orang-orang datang untuk memberitahukan kepadanya bahwa rumahnya telah hanyut oleh banjir, ia tertawa dan berkata, “Tidak mungkin! Kunci rumah itu ada di sakuku!”

Dan Budha berkata :

“Tanah ini milik saya, anak-anak ini milik saya” – itulah kata seorang bodoh yang tidak mengerti bahkan dirinya bukanlah miliknya sendiri.

Engkau tidak pernah memiliki sesuatu
Engkau hanya memegangnya sebentar
Kalau engkau tidak dapat melepaskannya, engkau terbelenggu olehnya

Apa saja hartamu
Harta itu harus kaupegang dengan tanganmu
Seperti engkau menggenggam air

Genggamlah erat-erat
Dan harta itu lepas

Akuilah sebagai milikmu
Dan engkau mencemarkannya
Lepaskanlah
Dan semua menjadi milikmu selama-lamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar