Senin, 15 Oktober 2012

Sarasamuccaya Sloka 1 s.d. 3


Sesungguhnya kelahiran sebagai manusia merupakan hal yang patut disyukuri, karena dengan lahir sebagai manusialah kita dapat melakukan perbuatan baik. Bagaimanakah Kitab Sarasamuccaya menjelaskan hal tersebut? Mari kita simak bersama. Semoga bermanfaat.

Penitisan dan Tujuan Hidup (Bagian 1)
Sloka 1.

Anaknda Janamejaya, segala ajaran tentang caturwarga (Dharma, Arta, Kama, dan Moksha), baikpun sumber, maupun uraian arti atau tafsirannya, ada terdapat disini; singkatnya, segala yang terdapat di sini akan terdapat dalam sastra lain; yang tidak terdapat disini tidak akan terdapat dalam sastra lain dari sastra ini (tentang caturwarga). 
Sloka 2. 

Diantara mahluk hidup, hanya yang dilahirkan menjadi manusia sajalah, yang dapat melaksanakan perbuatan baik ataupun buruk; leburlah ke dalam perbuatan baik, segala perbuatan yang buruk itu; demikianlah gunanya (pahalanya) menjadi manusia. 


Sloka 3. 
Oleh karena itu, janganlah sekali-sekali bersedih hati; sekalipun hidupmu tidak makmur; dilahirkan menjadi manusia itu, hendaklah menjadikan kamu berbesar hati, sebab amat sukar untuk dapat dilahirkan menjadi manusia, meskipun kelahiran hina sekalipun.


Semoga Seluruh Mahluk Hidup Rukun, Beruntung dan Sejahtera.
Artikel selanjutnya "Srasamuccaya Sloka 4 s.d. 6"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar