Selasa, 16 Oktober 2012

Sarasamuccaya Sloka 4 s.d. 6


Sesungguhnya dengan Menjelma menjadi manusia kita dapat menolong diri kita dari kelahiran berulang-ulang (Samsara). Mari kita simak penjelasan dalam Kitab Sarasamuccaya berikut ini. Semoga bermanfaat.

Penitisan dan Tujuan Hidup (Bagian 2)


Sloka 1. 
Menjelma menjadi manusia itu adalah sungguh-sungguh utama; sebabnya demikian, karena ia dapat menolong dirinya sendiri dari keadaan sengsara (lahir dan mati berulang-ulang) dengan jalan berbuat baik; demikianlah keuntungannya dapat menjelma menjadi manusia. 
Sloka 2. 
Adalah orang yang tidak mau melakukan perbuatan baik, (orang semacam itu) dianggap sebagai penyakit yang menjadi obat neraka-loka; apabila ia meninggal dunia, maka ia dianggap sebagai orang sakit yang pergi ke suatu tempat di mana tidak ada obat-obatan; kenyataannya ia selalu tidak dapat memperoleh kesenangan dalam segala perbuatannya. 
Sloka 3. 
Kesimpulannya, pergunakanlah dengan sebaik-baiknya kesempatan menjelma menjadi manusia ini, kesempatan yang sungguh sulit diperoleh, yang merupakan tangga untuk pergi ke sorga; segala sesuatu yang menyebabkan agar tidak jatuh lagi, itulah hendaknya dilakukan.

Semoga Seluruh Mahluk Hidup Rukun, Beruntung dan Sejahtera.
Artikel selanjutnya "Sarasamuccaya Sloka 7 s.d. 9"
Artikel ini merupakan kelanjutan dari Artikel  "Sarasamuccaya Sloka 4 s.d. 6"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar