Selasa, 25 September 2012

Kerajaan Hindu Budha di Nusantara Abad 4 s.d. 7 M


Berdasarkan prasasti yang ditemukan sampai saat ini, Kerajaan Kutai yang ada di Kalimantan merupakan kerajaan dengan corak Hindu tertua yang ada di Nusantara. Di Pulau Jawa bagian Barat juga ada kerajaan Taruma Negara, selain itu ditemukan juga arca Budha dengan corak india di Palembang. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak tulisan George Coedes berikut ini. Semoga bermanfaat.

Tujuh Prasasti kesultanan Kutai yang ditemukan di Pulau Kalimantan Yang berasal dari tahun 400 M berasal dari Raja Mulawarman yang merupakan cucu dari seorang yang bernama Kundunga. Nama kundunga mungkin berasal dari nama Tamil atau Austronesia, tapi yang pasti bukan nama sansekerta. Mulawarman merupakan anak dari Aswawarman yang dikatakan sebagai pendiri dinasti. Prasasti-prasasti itu mengenai sebuah tempat pemujaan yang bernama Waprakeswara yang diduga sebagai Siva, atau Agastya, ataupun seorang dewa setempat.
Arca Budha Amaravati
ditemukan di Sulawesi

Selain itu, hampir di mana-mana di Pulau Borneo terdapat bekas-bekas indianisasi yang kurang lebih jelas, sepanjang sungai-sungai Kapuas, Rata, dan Mahakam. Sebuah Arca Buddha perunggu yang indah, gaya Gupta, ditemukan di Kota Bangun, di Daerah Kutai. Selain itu ditemukan juga peninggalan di Gunung Kombeng dan di muara Sungai Rata, berupa arca-arca Bhramanis dan Buddhis yang jamannya belum diketahui.


Arca Siwa dari Kutai
Kalimantan Timur
Di Pulau Jawa juga ditemukan Arca Buddha di daerah selatan Jember dengan gaya yang dipengaruhi Sri Lanka (abad 4 s.d. 6 M). Selain itu peninggalan tertua tentang masuknya peradaban India adalah berupa empat prasasti yang ditemukan di bagian yang paling barat dari pulau itu, artinya di daerah Selat Sunda. Prasasti tersebut mungkin sejaman dengan prasasti Mulawarman di Kalimantan. Prasasti itu dihasilkan oleh raja negeri Taruma yaitu Purnawarman. Didalam prasasti itu disebutkan raja Purnawarman melakukan ritual aliran Brahmanisme dan menekuni pekerjaan irigasi di dalam kerajaannya.

Kerajaan Taruma masih ada pada abad ke-7, jika memang negeri itulah yang dalam Sejarah Baru Dinasti Tang disebut dengan nama To-Lo-Mo yang mengirim utusan ke China pada tahun 666-669 M.

Salah satu Prasasti
Kesultanan Kutai
Di Sumatera seperti di Jawa dan di Sulawesi, peninggalan Hindu Buddha tertua adalah sebuah arca Buddha gaya Amaravati. Arca itu ditemukan di sebelah barat Palembang, di sekitar Bukit Seguntang. Keistimewaannya ialah bahwa Arca tersebut terbuat dari granit, batu yang tidak dikenal di Palembang, sehingga mungkin arca itu dibawa dari tempat lain, mungkin dari pulau Bangka yang konon sejak dini dikunjungi pelayar-pelayar India (jika memang benar pulau itu yang disebut dalam Niddesa berbahasa Pali dengan sebutan Vanga). Adanya arca Buddha di Palembang itu membuktikan kunonya peradaban India yang masuk ke daerah itu.

Dari sejarah, kita belajar masa lalu, merencanakan masa depan, pijakkan tindakan saat ini. Semoga Damai Selalu didalam LindunganNya.

Sumber: buku karya George Coedes “Asia Tenggara Masa Hindu Budha”
Artikel ini merupakan kelanjutan dari Artikel " Kerajaan-kerajaan Hindu Budha Yang Pertama diAsia Tenggara"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar